Senin, 13 Februari 2012

Belanda Luncurkan Program Euthanasia di Rumah

Den Haag, Pada kondisi penyakit yang sangat parah, kadang pasien meminta diberikan suntik mati (euthanasia). Di Belanda akan diluncurkan tim euthanasia yang bisa membantu orang meninggal di rumah (euthanasia mobile).

Unit yang dijuluki 'grim reapers on wheels' ini akan menjadi yang pertama di dunia untuk membantu seseorang meninggal dunia ketika dokter keluarga menolak memberikan pasien obat mematikan dengan alasan etis. Tim ini akan datang ke rumah pasien untuk melaksanakan euthanasia.

Tim mobile ini terdiri dari dokter dan perawat yang akan dikirim ke rumah pasien setelah mendapat rujukan dari dokter yang menangani pasien tersebut. Meski begitu hal ini tetap mendapat kritikan dari beberapa pihak.

"Jika pasien berpikir hal itu adalah yang diinginkan, maka dokter bisa merujuk dia kepada tim mobile atau klinik," ujar Menteri Kesehatan Belanda, Edith Schippers, seperti dikutip dari Dailymail, Senin (13/2/2012).

Didukung oleh Dutch Medical Association yang mana menerbitkan panduan efektif bahwa orang-orang yang mengeluh kesepian bisa memenuhi syarat untuk mendapatkan euthanasia jika kondisi tersebut merupakan penderitan yang tak tertahankan dan abadi.

Unit-unit mobile ini secara agresif dipromosikan oleh kelompok kampanye euthanasia di Belanda yang ingin memperluas kriteria kelayakan untuk mendapatkan program ini dan juga membuka fasilitas khusus.

Di Belanda, euthanasia biasanya dilakukan dengan memberikan obat penenang yang kuat agar pasien berada dalam keadaan koma. Setelah itu dokter akan memberikan obat untuk menghentikan pernapasan dan menyebabkan kematian.

Untuk memenuhi syarat ini, pasien harus meyakinkan setidaknya 2 dokter bahwa mereka sudah mendapatkan informasi yang cukup dan menghadapi penderitaan yang tidak tertahankan.

Pada tahun 2003, setahun setelah Belanda menjadi negara pertama yang melegalkan euthanasia sejak Nazi Jerman, hanya ada 1.815 kasus yang dilaporkan. Namun Pemerintah Belanda menegaskan bahwa hukum ini tidak disalahgunakan.

Sampai saat ini euthanasia hanya terjadi atau diperbolehkan di beberapa negara saja seperti Belanda, Swiss atau Amerika. Namun lebih banyak negara yang melarang pelaksanaan euthanasia.

0 komentar:

Posting Komentar